English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 21 Juni 2013

RNA BUKAN PENGODE MEMAINKAN PERANAN PENTING DALAM FUNGSI SELULAR



Ingatlah bahwa hanya 1,5% genom manusia dan presentase yang sama kecilnya pada genom banyak eukariota multiselular mengodekan protein. Dari genom yang tersisa, presentase yang sangat kecil terdiri atas gen gen pengode RNA yang kecil, misalnya RNA ribosom dan RNA transfer. Sampai belum lama ini, sebagian besar DNA di anggap tidak di transkripsikan
. Pada dasarnya karena bagian itu tidak mengodekan protein atau sejumlah kecil tipe RNA yang tidak di ketahui DNA semacam ini di angap tidak mengandung informasi genetik yang penting. Akan tetapi luapan data terbaru telah menentang gagsan ini. Misalnya penelitian terhadap dua kromosom manusia menunjukan bahwa ada sepuluh kali lebih banyak genom yang di transkripsikan daripada yang di prediksi berdasarkan jumlh ekson pengode protein yang ada.Intron menyusun sebagian  DNA yang di transkripsikan ini, namun hanya sekian persen dari total. Hasil ini, dan berbagai hasil lain menunjukan bahwa tampaknya cukup banyak bagian genom yang ditranskripsikan menjadi RNA bukan pengode protein. Termasuk berbagai macam RNA kecil. Ahli ahli biologi sangat bersemangat karena temuan temuan terbaru ini, yang menjadi petunjuk bahwa sebuah populasi besar molekul RNA yang beraneka ragam dalam sel memainkan peran yang sangat penting dalam regulasi expresi gen dan sebagian besar belum diketahui sampai sekarang. Jelaslah bahwa ita harus merevisi pandangan kita yang telah bertahan lama karena mRNA mengodekan protein mala mRNA lah jenis RNA terpenting yang berfungsi dalam sel.
Regulasi oleh RNA bukan pengode di ketahui terjadi pada dua titik dalam jalur ekxpresi gen yaitu pada translasi RNA dan konfigurasi kromatin.



EFEK MikroRNA dan RNA PENGINTERFERENSI KECIL TERHADAP mRNA



Sejak tahun 1993 sejumlah penelitian telah menemukan sejumlah molekul RNA kecil yang beruntai tunggal di sebut RNA mikro,yang mampu berikatan dengan sekuens komplementer pada molekul mRNA.miRNA terbentuk dari RNA prekursor yang berukuran lebih panjang yang melipat balik, membentuk satu atau lebih struktur jepit rambut pendek yang beruntai ganda, yang masing masing di hubungkan dengan ikatan hidrogen. Setelah di potongdari prekursor seriap hairpin di pangkas oleh sejenis enzim yang dinamakan dicer menjadi fragmen pendek beruntai ganda yang panjangnya kira kira 20 pasangan nukleotida. Salah satu dari kedua untai di degradasi, sedangkan untai yang lain, yang merupakan miRNA membentuk kompleks dengan satu atau lebih protein. miRNA memungkinkan kompleks tersebut berikatan dengan molekul RNA manapun yang mengandung sekuens komplementer. Kompleks miRNA protein kemudian mendegradasi mRNA sasaran atau menghalangi trnaskripsinya. Telah di perkirakan bahwa ekspresi lebih dari sepertiga jumlah keseluruhan gen manusia mungkin di regulasi oleh miRNA, angka yang luar biasa meningat keberadaan miRNA baru di ketahui dua dasawarsa lalu.
Pemahaman yang semakin mendalam tentang jalur miRNA menyediakan penjelasan untuk hasil pengamatan yang membingungkan. Para peneliti menemukan bahwa menyuntikan molekul RNA beruntai ganda ke dalam sel, dengan cara suntik gen dapat mematikan ekspresi gen yang mengandung  sekuens yang sama dengan RNA. Mereka menyebut fenomena percobaan ini small interupting RNA, yang memiliki ukuran dan fungsi serupa dengan miRNA. Bahkan, penelitian lanjutan menunjukan bahwa mekanisme selular yang sama menghasilakn miRNA dan siRNA, dan bahwa keduanya dapat berasosiasi dengan protein protein yang sama memberikan hasil yang serupa. Perbedaan antara miRNA dan siRNA didasari oleh sifat molekul prekursor masing masing.Sementara miRNA terbentuk dari hairpin dari RNA prekursor, sRiNA terbentuk dari molekul RNA beruntai ganda yang jauh lebih panjang yang masing masing menghasilkan banyak siRNA.
Anda mungkin bertanya tanya apakah ada molekul RNA beruntai ganda di alam? Sejauh yang penulis ketahui, dialam ada 2 buah bentuk molekul RNA berunatai ganda yaiti genom virus RNA beruntai ganda dan transposon, suatu mobile genetik element yang terdapat dalam beberapa makhluk hidup.

0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Biology

Flag Counter