English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 14 Juni 2013

REGULASI EXPRESI GEN









PROGRAM EXPRESIGEN DIFFERENSIAL MEMUNCULKAN TIPE TIPE SEL BERBEDA DALAM ORGANISME MULTISELULAR

PROGRAM GENETIK PERKEMBANGAN EMBRIO
Sel embrio mengalami deferensiasi, struktur dan fungsi se lmenjadi terspesialisasi. Morfogenesis mencakup proses proses yang memberi bentuk organisme danberbagai bagian tubuhnya
. Sel sel berbeda dalam hal struktur dan fungsi bukan karena mengandung gen gen yang berbeda, melainkan karena mengexpresikan bagian bagian yang berbeda dari genom yang umum.
DETERMINAN SITOPLASMA DAN SINYAL INDUKTIF
Determinansitoplama dalam ovum yang belum terfertilisasi meregulasi expresi gen gen dalam zigot yang memengaruhi takdir perkembangan sel sel embrio. Dalam proses yang di sebut induksi, molekul sinyal dari sel sel emrionik menyebabkan perubahan transkripsi dalam sel sel sasaran di dekat sel tersebut.
REGULASI BERTURUTAN EXPRESI GEN SAAT DIFERENSIASI SELULAR
Diferensiasi ditandai oleh kemunculan protein protein spesifik jaringan, yang memungkinkn sel sel terdiferensiasi melaksanakan peran yang terspesialisasi.
PEMBENTUKN POLA PENETAPAN BANGUN TUBUH
Pada hewan pembentukan pola, perkembangan organisasi spasial jaringan dan organ, diawali sejak dini dalam embrio. Informasi posisi, petunjuk petunjuk molekular yang mengontrol pembentukan pola, memberi tahu sel tentang lokai terhadap sumbu sumbu tubuh dan sel sel lain. Pada Drosophila gradien morfogen yang di kodekan oleh gen gen maternal menentukan sumbu sumbu tubuh. Misalnya gardien protein Bicoid menentukan sumbu anterior posterior.


0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Biology

Flag Counter