English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 06 Juni 2013

PADA SETIAP TINGKAT DALAM JENJANG BIOLOGIS MUNCUL SIFAT BARU



Sifat Emergen (sifat yang muncul)

Pada setiap tingkat dalam jenjang biologis muncul sifat sifat baru.Ilmu hayati membentang dari skala mikroskopik molekul dan sel yang menyusun organisme hingga skala global berupa keseluruhan planet bumi
Sifat emergen di sebabkan oleh susunan dan interaksi berbagai bagian seiring kompleksitas. Misalnya jika kita membuat campuran di dalam tabung percobaan dari klorofil dan semua jenis molekul lain yang di temukan dalam kloroplas fotosintesis tidak akan terjad. Fotosintesis hanya akan terjadi jika molekul molekul itu tersusun secara spesifik dalam suatu kloroplas yang utuh.  Contoh lain ketika  cedera kepala serius merusak arsitektur rumit otak manusia, benak mungkin akan berhenti sejenak walaupun seluruh bagian otak masih ada. Pikran dan ingatan kita adalah sifat emergen dari jejaring sel sel saraf yang kompleks. Pada timgkat organisasi biologis yang lebih tinggi, pada ekosistem misalnya, siklus unsur kimia yang essensial bagi kehidupan seperti karbon, nitrogen, air, berinteraksi satu sama lain dengan tanah, udara, organisme.
Sifat emergen tidak hanya di miliki makhluk hidup. Kita dapat melihat pentingnya susunan dlam perbedaan grafit dan berlian, meskipun sama sama karbon murni, sift keduanya sangat berbeda karena susunan atom karbonnya. Namun jika di bandingkan dengan contoh yang tidak hidup seperti itu, kompleksitas  sistem biologis yang tidak tertandingi menjadikan sifat emergen kehidupan sangat menantang untuk di pelajari.

0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Biology

Flag Counter