English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 18 Mei 2013

LISTRIK ALTERNATIF



PEMBANGKIT LISTRIK VIA TUMBUHAN

Baru-baru ini para ilmuwan yang berasal dari University of Georgia menemukan cara baru untuk mengeksploitasi tenaga surya dari tumbuhan. Ya, mereka mendapatkan tenaga surya dengan cara membajak proses fotosintesis tumbuhan.
Ada cara yang lebih efisien untuk memanen energi dari cara yang tak terpikirkan sebelumnya. Para peneliti di University of Georgia memiliki bukti bahwa mereka telah menemukan cara untuk menghasilkan listrik dari tanaman melalui pembajakan proses
fotosintesis.
Fotosintesis sendiri merupakan proses yang terjadi pada semua tumbuhan ber-klorofil untuk membuat makanan untukmereka sendiri dengan bantuan sinar matahari. Tentu yang dilakukan oleh para peneliti ini sangat dapat diterima nalar. Mereka coba meniru apa yang dilakukan tumbuhan untuk mendapatkan tenaga dari sinar matahari tersebut.

Para ilmuwan melakukan pembajakan pada proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan yang dimulai dengan mengubah protein dalam sel tilakoid tanaman. Sel tersebut merupakan sel yang menyimpan energi matahari pada proses fotosintesis. Peneliti mencegat elektron pada sel tersebut menggunakan nanotube carbon yang mampu merampas sel tersebut dari tanaman sebelum digunakan untuk membuat makanan bagi tanaman tersebut.

Meskipun hasilnya belum se-fenomenal dibandingkan dengan metode lain yang pernah digunakan, namun para ilmuwan asal University of Georgia ini percaya bahwa metode modifikasi protein seperti ini untuk mendapatkan energi surya bisa menjadi buah penelitian yang memiliki masa depan yang cerah, mereka percaya kedepannya akan ada cara untuk menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan di waktu yang akan datang.

Sumber: http://news.uga.edu/releases/article/power-plants-uga-researchers-explore-how-to-harvest-electricity-direct/
http://www.gadgetgan.com/membajak-pr...ergi-surya-665

0 komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About Biology

Flag Counter